Sekedar informasi menarik dan Bermanfaat

Latest Post
Loading...

Tips Memasang Jumper yang benar pada Harddisk ,Pengertian Master dan Slave HDD

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Hangat dari Blogger Bogor Barat
Blog Bogor paling barat

Pada harddisk selalu  ada yang namanya master dan Slave yang terkadang bila tidak tahu akan membuat kita bingung.
Sebenarnya pada dasarnya master dan slave sama saja, hanya saja yang membedakan adalah prioritas utama pembacaan data harddisk oleh bios. Jadi apabila anda memiliki dua harddisk, yang pertama harddisk anda berisi OS dan yang kedua berupa data, maka harddisk yang pertama jadikan master dan yang kedua jadikan slave.
Cara mensetting master dan slave pada harddisk dapat kita lakukan melalui pemasangan jumper, apabila harddisk anda bertipe ATA, sedangkan untuk harddisk SATA melalui pemasangan kable data conector SATA pada motherboard.
·         Cara Penyetingan Master dan Slave Pada Harddisk ATA
Pada HDD ATA dalam pengaturan Master dan Slave sangat mudah. Hanya dengan mengganti jumper pada HDDnya. Dan keterangan penempatan jumper itu pun selalu ada pada HDDnya. Misalnya seperti gambar disamping ini.
Ini adalah salah satu contoh penyetingan jumper pada HDD ATA untuk menentuka Master dan Slave.


·         Cara Penyetingan Master dan Slave Pada Harddisk SATA

Untuk pengaturan Master dan Slave pada HDD IDE/ATA sangat mudah dalakukan hanya dengan merubah jumper. Sedangkan berbeda dengan kakaknya yaitu SATA, terbilang agak sulit karena tidak ada keterangannya pada HHDnya. Namun sebenarnya lebih mudah SATA apabila kita lebih teliti dalam pemasangan kabel data conector  SATA tersebut.
Pada gambar disamping terlihat gambar port SATA pada motherboard. Dari gambar disamping dapat kita lihat terdapt perbedaan warna pada port SATA pada motherboard, dan perbedaan warna inilah yang membedakan antara Master dan Slave. Misalnya port yang berwarna hitam yaitu port 1 dan 2 adalah Master sedangkan port yang berwarna merah yaitu port 3 dan 4 yaitu slave. Keterangan ini tergantung pada tiap-tiap motherboard dan biasanya pada motherboardnya terdapat keterangan mana yang master dan yang slave. 
 Tambahan Jika ingin Usaha yang menjanjikan Bisa Gabung di sini http://kangenwaterdepok.net
Temukan dan raih impian anda SALAM SUKSES
Labels: cara mudah, Tips and trik, tips computer

Thanks for reading Tips Memasang Jumper yang benar pada Harddisk ,Pengertian Master dan Slave HDD. Please share...!

0 Comment for "Tips Memasang Jumper yang benar pada Harddisk ,Pengertian Master dan Slave HDD"

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter

Ibnu Mas'ud Alfikry

Ibnu Mas'ud Alfikry

Independent Distributor Enagic

Independent Distributor Enagic
Mesin Kangen Water
Back To Top