Sekedar informasi menarik dan Bermanfaat

Latest Post
Loading...

Inilah! Penyebab Blue Screen Of Death (BSOD) pada Laptop atau PC

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Hangat dari Blogger Bogor Barat
Blog Tips dan Trik

      Pernahkah kita mengalami Blue Screen Of Death (BSOD) atau yang sering kita disebut Blue Screen saat sedang asyik bermain game ataupun lainnya pada PC ataupun Laptop Kesayangan kita . sangat menjengkelkan ketika kita lagi bermain komputer atau bermain game yang lagi asyik-asyik nya tiba-tiba terjadi countdown sehingga terjadi shutdown atau yang disebut terjadi layar biru ( Blue Screen )

Permasalahan ini sering terjadi pada setiap pemilik komputer yang telah memakai komputer yang sudah tua , sehingga terdapat masalah-masalah yang terdapat pada Software maupun Hardware

dalam kejadi ini kesimpulan yang saya dapat dari pengertian Blue Screen Of Death (BSOD) adalah pesan yang dikasih pada saat countdown ke shutdown dengan pesan berupa error secara fisik maupun non fisik yang dapat kita analisa dan kita perbaikin . seperti gambar di bawah ini
 
Blue+Screen
seperti di atas kita dapat membaca kesalahan apa yang terjadi pada komputer kita , tetapi itu sangat tidak mungkin karena pada saat terjadi Blue Screen pesan yang muncul pada saat countdown sangat cepat dan kita tidak akan bisa terbaca . 
 
Inilah Penyebab-penyebab terjadinya Blue Screen
 
IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Penyebab antara lain:
- Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok
- Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
- Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card


NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk. 
UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena:
- Overclock Hardware yang berlebihan
- Komponen komputer yang kepanasan
- BIOS yang korup
- Memory dan CPU yang cacat 
DATA_BUS_ERROR
Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak. 
PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache) 
INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset. 
VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver. 
BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru. 
PEN_LIST_CORRUPT Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM 
MACHINE_CHECK_EXCEPTION Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.
Labels: Shares News, Tips and trik, tips computer

Thanks for reading Inilah! Penyebab Blue Screen Of Death (BSOD) pada Laptop atau PC. Please share...!

0 Comment for "Inilah! Penyebab Blue Screen Of Death (BSOD) pada Laptop atau PC"

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter

Ibnu Mas'ud Alfikry

Ibnu Mas'ud Alfikry

Independent Distributor Enagic

Independent Distributor Enagic
Mesin Kangen Water
Back To Top