Sekedar informasi menarik dan Bermanfaat

Latest Post
Loading...

Arti dan Makna Penting 17 Agustus 1945

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Salam Hangat dari Blogger Bogor Barat

Makna Penting 17 Agustus 1945  -  Hari Kemerdekaan Indonesia akan segera dirayakan yaitu tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945. disini saya akan sedikit membahas beberapa ulasan mengenai makna serta apa sih arti dari 17 agustus 1945 itu.

        Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia itu merupakan sebuah tonggak bersejarah yang tidak akan kita lupakan sampai akhir hayat. betapa gigihnya para pejuang indonesia dalam menumpas para penjajah yang datang ke indonesia hanya untuk menindas serta untuk memjadikan bangsa indonesia ini ebagai budak mereka. seperti pada zaman kolonial belanda kita di jajah oleh mereka selama 350 tahun dan oleh jepang kita di jajah selama 300 tahun.
       dan langsung saja kita bahas bersama sebuah ulasan mengenai arti penting dari sebuah proklamasi kemerdekaan RI ini yang sebelumnya telah saya baca dalam ebuah media website tetangga yang tidak bisa saya sebutkan disini. berikut ulasan singkatnya.

Makna Arti Penting Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Sejarah Lahirnya Proklamasi 17 Agustus 1945 Perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaan berlangsung selama berabad-abad dengan pengorbanan jiwa dan raga. Perjuangan memperoleh kemerdekaan ini akhirnya tercapai pada tanggal 17 agustus 1945.


Makna Penting 17 Agustus 1945

Proklamasi kemerdekaan ini tidak lepas dari rentetan peristiwa sebelumnya, terutama ketika pihak tentara Jepang terdesak dari pihak sekutu dalam peperangan Asia Timur Raya. Jepang pada bulan September 1944 pernah memberikan janji kepada bangsa Indonesia untuk memberikan kemerdekaan di kemudian hari. Sebagai pelaksanaan dari janji jepang tersebut, dibentuklah Badan penyelidik Usaha-Usaha Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang diketuai oleh dr Radjiman Widyodiningrat pada tanggal 29 april 1945. Badan ini kemudian mengadakan sidang-sidang untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Lalu badan ini dibubarkan dan diganti oleh Badan baru yang diberi nama Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada tanggal 9 Agustus 1945.

Ketika terdengar berita bahwa Jepang secara resmi telah menyerah pada Sekutu 15 Agustus 1945, para pemimpin berusaha untuk menentukan sikap untuk memerdekakan Indonesia walau sempat terjadi perdebatan sengit dan perbedaan pendapat antara golongan muda dan golongan tua, dan sempat menimbulkan perisitiwa Rengasdengklok, dimana Soekarno Hatta dibawa oleh kaum muda di Rengasdengklok pada tanggal 16 agustus 1945 Akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 pagi di Jalan Pegangsaan Timur 55, diucapkanlah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Soekarno Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Proklamasi kemerdekaan ini bukanlah suatu tujuan akhir dari perjuangan bangsa Indonesia. Proklamasi kemerdekaan merupakan alat untuk mencapai tujuan yang lebih jauh yaitu terciptanya masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Proklamasi Kemerdekaan bukan hanya sekedar dicapai melainkan harus dipertahankan dan diisi oleh segenap rakyat Indonesia.

Arti Penting Proklamasi Kemerdekaan
Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 mempunyai arti yang sangat penting bagi Bangsa Indonesia. Secara garis besarnya arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut :
  1. Bahwa Proklamasi kemerdekaan sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia.
  2. kedua bahwa Proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 merupakan sumber hukum bagi pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke.
  3. ketiga, Titik tolak dari pelaksanaan Amanat Penderitaan Rakyat.
  4. terakhir keempat, Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan dari tata hukum colonial menjadi tata hukum nasional.
Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai sebuah makna penting 17 agustus 1945 yang menjadikan sebuah hari bersejarah untuk bangsa indonesia ini khususnya.

Merdeka!!!!Merdeka!!!!

 Sumber : http://suka-di.blogspot.com
Labels: Artikel, Berita Terpenting, informasi, sejarah, Shares News

Thanks for reading Arti dan Makna Penting 17 Agustus 1945. Please share...!

Ibnu Mas'ud Alfikry

Ibnu Mas'ud Alfikry

Independent Distributor Enagic

Independent Distributor Enagic
Mesin Kangen Water
Back To Top