Latest Post
Loading...

Info Honorer : Saat Ini Peluang Pegawai Honorer Manjadi PNS Semakin Kecil


Saat Ini Peluang Pegawai Honorer Manjadi PNS Semakin Kecil

        Sahabat pembaca setia Blog News and Shares News yang berbahagia, tahukah anda bahwa Dengan  disetujuinya draf Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Draf final tersebut akan segera diserahkan ke DPR RI untuk disahkan. Dalam UU yang akan mereformasi kepegawaian negara itu rekrutmen dilakukan sesuai kebutuhan secara fair. PNS bukan lagi ditempatkan sebagai pekerjaan tetapi profesi. Adanya  UU ASN pemerintah memastikan hanya memberikan kesempatan mengikuti seleksi penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) bagi pegawai honorer sampai tahun 2005.   Dari sekitar 500 ribu pegawai honorer di daerah maupun pusat sampai periode itu  yang akan diterima hanya sepertiganya. Setelah periode itu (2006-2013) harus mengikuti seleksi secara fairness. Berikut ini berita selengkapnya yang bersumber dari Tribunnews

Kini Kecil Peluang Pegawai Honorer Manjadi PNS


TRIBUNNEWS.COM   JAKARTA –  Dengan  disetujuinya draf Rancangan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Draf final tersebut akan segera diserahkan ke DPR RI untuk disahkan. Dalam UU yang akan mereformasi kepegawaian negara itu rekrutmen dilakukan sesuai kebutuhan secara fair. PNS bukan lagi ditempatkan sebagai pekerjaan tetapi profesi
Adanya  UU ASN pemerintah memastikan hanya memberikan kesempatan mengikuti seleksi penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) bagi pegawai honorer sampai tahun 2005.   Dari sekitar 500 ribu pegawai honorer di daerah maupun pusat sampai periode itu  yang akan diterima hanya sepertiganya. Setelah periode itu (2006-2013) harus mengikuti seleksi secara fairness,
Hal ini  diutarakan  Menteri  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Azwar Abubakar, di Jakarta, Jumat malam.
Tes seleksi bagi pegawai honorer, menurut Azwar, materinya sama dengan seleksi regular. Yakni meliputi tes kemampuan dasar, psiko test, dan wawasan kebangsaan. “Model ASN itu mengacu kepada pola rekturmen SDM, kelembagaan, dan tata laksana. Ke depan ASN itu harus bisa melayani lebih baik kepada warga negara maupun pengusaha,” katanya
Terkait penerimaan PNS Azwar mengajak seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) di pusat maupun daerah agar seleksi calon PNS2013 ini dilaksanakan dengan bersih, obyektif, transparan, kompetitif dan bebas dari KKN, serta tidak dipungut biaya. Hal itu dikuatkan dengan  surat edaran Menpan yang ditembuskan kepada Presiden RI,  Wakil Presiden, dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Perjanjian Kerja
Ada tiga poin krusial yang diatur dalam RUU ASN. Pertama mengenai aturan jenis pegawai di lembaga negara. Menurut Azwar, RUU ASN hanya mengenal dua jenis pegawai yakni pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). PPPK diangkat oleh pejabat negara sesuai kebutuhan dan dalam jangka waktu tertentu. Masa tugasnya berkisar dari satu hingga tiga tahun.  "Nanti tidak ada lagi yang honorer. Jadi cuma ada dua macam, PNSdan PPPK," papar Azwar. 
 
Poin krusial kedua yakni aturan promosi jabatan menggunakan sistem meritokrasi. Dengan sistem ini, pejabat eselon I dan II yang dipromosikan harus mengikuti uji kompetensi secara terbuka. Kemudian poin yang ketiga mengatur soal pembentukan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Azwar menjelaskan, komisi ini bertugas mengawasi proses rekrutmen pegawai di institusi pemerintah baik pusat dan daerah. 
 
Azwar memastikan bahwa tugas KASN tidak akan tumpang tindih dengan kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara. Pasalnya, KASN hanya menjalankan fungsi monitoring dan tidak berwenang menerbitkan kebijakan. "Jadi Komisi Aparatur Sipil Negara ini hanya menjamin atau memonitor apakah setiap departemen di daerah terjadi proses meritokrasi atau menunjuk pejabat itu berdasarkan pemilihan yang fair," tandas menteri asal asal Aceh tersebut. 
 
Selain ketiga poin di atas, RUU ASN juga mengatur tentang tahapan rekrutmen pegawai hingga besaran gaji dan tunjangannya. Pengesahan RUU ASN akan diikuti terbitnya 17 Peraturan Pemerintah (PP) dan tiga Peraturan Presiden untuk mendukung implementasinya. 
 
Menurut Azwar UU ASN akan membawa perubahan besar dan mendasar dalam penataan birokrasi pemerintahan. Yakni kebiasaan-kebiasaan kerja birokrasi yang tidak produktif, buruk, dan berjalan di tempat, serta perubahan sistem birokrasi menjadi lebih baik. “Dengan UU ASN akan diperoleh PNS terbaik. Diharapkan akan memulihkan kepercayaan masyarakat karena membawa perubahan besar terutama pada perbaikan budaya kerja dan perbaikan sistem.”
 
Menanggapi persetujuan UU ASN oleh presiden, Ketua Komisi II DPR Agun Gunandjar Sudarsa mengatakan UU nantinya akan menjadi landasan hukum yang mendorong birokrasi pemerintahan menjadi lebih efektif, efisien, dan akuntabel. Diharapkan nantinya UU itu bisa mengurai birokrasi yang rumit dan terkooptasi oleh kekuasaan politikyang cenderung tertutup, lamban, serta sarat praktik KKN. (Tribunnews)


Sahabat pembaca setia info CPNS tahun 2013 yang berbahagia, tahukah anda bahwa ada tips dalam persiapan mengikuti ujian CPNS, tips itu adalah jangan mengikuti ujian Tes Penerimaan CPNS sebelum berlatih dan jangan berlatih dengan cara yang biasa. Sebab dengan cara belajar dan berlatih seperti biasa yang banyak dilakukan orang yang ingin menjadi CPNS maka anda tidak akan mempunyai nilai lebih, padahal nilai lebih itulah yang dapat menjadikan anda seorang pemenang dalam persaingan memperebutkan kursi CPNS. Ada alternatif untuk anda belajar dan berlatih dengan cara yang tidak biasa yaitu dengan Software Latihan Soal . LatihanSoal.com sudah menerapkan sistem CAT (Computer Assisted Test) sejak tahun 2008. Dengan sistem CAT latihansoal.com maka Anda dapat melakukan TRY OUT MANDIRI secara OFFLINE, Benar. Anda dapat berlatih TRY OUT Soal CPNS kapanpun Anda mau tanpa harus terhubung terus dengan Internet! Sangat fleksibel, hemat waktu dan biaya. 

Alternatif lainnya adalah  mengikuti tryout ujian CPNS Online Computer Assisted Test (CAT) CPNSONLINE INDONESIA Tahun 2013. Computer Assisted Test (CAT) adalah suatu metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Standar Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tersebut diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil dan menjamin Standar Kompetensi Dasar CPNS yang dilakukan melalui Computer Assited Test (CAT). 

Namun bagi anda yang masih nyaman belajar melalui format PDF, menurut saya Soal CPNS adalah pilihan yang tepat. Paket Ebook Soal Tes CPNS lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Paket ini berbentuk File PDFyang dapat anda download di Member Area dan anda baca di komputer, laptop, iPad, dll. Paket Soal CPNS terdiri dari Prediksi Soal CPNS 2013, Paket Pola Soal CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang sering muncul selama 10 tahun terakhir, Paket Kisi-kisi Materi CPNS TKD, Paket Tes Kemampuan Bidang (TKB), Paket Tes Intelejensi Umum (TIU) atau Tes Bakat Skolastik (TBS)Paket Tes Potensi Akademik (TPA), Paket Psikotes (Tes Psikologi) dan WawancaraPaket Tes Skala Kematangan (TSK) atau Tes Karakter Pribadi (TKP), dll.  
 




Ditulis Oleh : ibnu mas ~B@ratBogor

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Info Honorer : Saat Ini Peluang Pegawai Honorer Manjadi PNS Semakin Kecil yang ditulis oleh B@ratBogor yang berisi tentang Info Menarik dan Asik : Jika Bermanfaat diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 10:01:00 AM

0 Komentar:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter

Independent Distributor Enagic

Independent Distributor Enagic
Mesin Kangen Water